• Status Order
  • Tlp: 082183006687
  • SMS/WA: 082183006687
  • BBM : HATESA
  • putuhatesa@gmail.com
Terpopuler:

Cara jual barang di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Zalora, Matahari Mall, JD.ID, dan sebagainya tanpa memiliki stok barang

Kategori Blog



Kita yang tidak memiliki produk masih memiliki peluang untuk berjualan produk di Marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Zalora, Matahari Mall, JD.ID, dan sebagainya). Menarik bukan? Lalu bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini dengan baik.

Pendahuluan

Seperti halnya pasar yang merupakan tempat berjualan barang, sebagai tempat bertemu antara penjual dan pembeli, Marketplace merupakan tempat pembeli dan penjual bertemu di dunia maya. Penjual yang memiliki barang akan memajang barangnya di tokonya di marketplace. Pembeli akan membeli barang yang diperlukan di toko online di marketplace. Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Zalora, Matahari Mall, JD.ID, dan sebagainya akan memfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli secara online serta menangani proses pembayaran yang dilakukan oleh pembeli. Dana yang ditransfer oleh pembeli akan ditampung di rekening bersama (rekber) milik marketplace. Apabila barang yang dipesan pembeli telah diterima oleh pembeli (berdasarkan informasi dari jasa pengiriman barang), dana akan ditransfer ke rekening penjual atau menambah saldo deposit penjual di marketplace.

Menjual Produk di Marketplace Tanpa Memiliki Produk

Produsen yang memproduksi produk akan menjual barangnya kepada konsumen. Agar produk dapat dibeli oleh konsumen, produsen perlu memasarkan produknya. Kita dapat membatu memasarkan produk milik produsen. Kita dapat membeli produk dari produsen dan menjualnya kembali kepada konsumen. Selisih antara harga beli dengan harga jual akan menjadi keuntungan kita.

Sayangnya kita harus membeli produk milik produsen terlebih dahulu (melakukan stok barang). Apabila produk tidak laku, kita akan mengalami kerugian.

Namun, ada alternatif kedua. Kita memasarkan produk yang kita pilih saja. Apabila ada pembeli yang memesan di toko online kita, kita baru memesan barang ke konsumen. Lalu, apakah tidak terlalu lama barang sampai kepada konsumen? Mengingat kita harus memesan barang di produsen dahulu kemudian baru kita kirim ke pembeli.

Ada solusinya. Setelah pembeli memesan produk di toko kita, kita akan memesan produk tersebut ke produsen. Produsen akan mengirim barang langsung ke konsumen atas nama kita. Hem… Menarik bukan? Kita tidak perlu repot-repot melakukan packing barang dan datang ke jasa pengiriman untuk mengirim barang. Semua ditangani langsung oleh produsen. Kita tetap mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli kita di produsen dengan harga jual kita kepada konsumen. Good job!

Lalu bagaimana langkah-langkah nya? Mulai dari membuka toko di marketplace, memasang produk yang ingin kita jual, memproses pesanan, sampai dengan mendapatkan uang hasil penjualan? Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Mendaftar di Online Marketindo
    1. Buka situs Online Marketindo (ketik di browser onlinemarketindo.com)
    2. Klik menu Daftar Jadi Member
    3. Masukkan alamat email dan password
    4. Dari halaman onlinemarketindo klik Login
    5. Masukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan tadi
    6. Kini kita sudah berada dalam login area Online Marketindo. Di Online Marketindo ada ribuan produk yang siap kita jual.
    7. Kita dapat memilih produk yang akan kita jual dari menu Produk atau menu Brand/Merk. Misalnya kita klik Brand 1 > Catenzo Junior. Akan muncul semua produk dari brand Catenzo Junior. Pilih salah satu yang ingin kita jual.
    8. Setelah kita klik salah satu produk, di sana akan terdapat informasi nama produk, kode produk, stok produk (di samping kanan bila membuka menggunakan komputer atau di bagian bawah bila membuka menggunakan HP), deskripsi produk, dan harga produk.
    9. Download gambar. Bila menggunakan komputer, klik kanan di ikon gambar produk, pilih Simpan Gambar Sebagai. Bila menggunakan HP klik sekali dahulu gambar produk, tunggu beberapa saat, akan muncul pop up gambar produk. Selanjutnya klik dan tahan sehngga muncul pilihan Download Gambar. Lalu lakukan download semua gambar yang ada.
    10. Sampai di sini kita sudah memiliki gambar produk yang akan kita jual.
  2. Membuka Toko Online di Marketplace
    1. Buka salah satu marketplace di mana kita ingin berjualan produk (rekomendasi Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak)
    2. Menjual produk di Tokopedia
      1. Pergi ke tokopedia.com
      2. Klik Daftar.
      3. Ikuti semua langkah sampai pendaftaran berhasil.
      4. Setelah berhasil terdaftar di Tokopedia, login ke tokopedia.
      5. Klik menu Toko > Buka Toko. Isi semua informasi yang diperlukan.
      6. Terutama informasi rekening bank, alamat toko, alamat pengiriman dan jasa pengiriman harus diisi. Ini ada kaitannya dengan ongkos kirim kita nanti. Masukkan informasi toko/pengiriman sebagai berikut.
        • Alamat toko dan alamat pengiriman isi: Mekarwangi Square, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, Kode Pos 40236 (sumber barang onlinemarketindo.com). Nomor Tlp. isi dengan nomor telepon Anda.
        • Jasa kirim ikuti jasa kirim yang tersedia di onlinemarketindo.com (saat ini tersedia JNE YES, JNE Reguler, JNE Oke, Pos Express, Pos Kilat Khusus, dan JNT Express).
      7. Setelah semua informasi selesai diisi, saatnya kita memasukkan produk ke toko online kita di marketplace.
      8. Klik menu Tambah Produk.
      9. Masukkan foto produk yang sudah kita download tadi.
      10. Masukkan nama produk.
      11. Pilih Kategori produk yang ada.
      12. Pilih Etalase Produk. (Bila belum ada, klik tambah etalase, misalnya buat etalase Tas Anak Perempuan).
      13. Masukkan harga produk (misalnya harga di Online Marketindo Rp80.000,00 kita bisa menjualnya seharga Rp95.000,00 atau Rp100.000,00. Selisih harga adalah keuntungan kita).
      14. Pilih Stok Terbatas/Stok Tersedia. Rekomendasi pilih Stok Terbatas. Masukkan jumlah stok (lihat stok produk di onlinemarketindo.com, di samping produk atau di bawah deskripsi produk).
      15. Masukkan SKU. SKU adalah kode produk. Ikuti kode produk yang ada di onlinemarketindo (lihat kode produk di bawah produk atau di nama produk). Catatan: Misalkan tidak bisa memasukkan SKU/kode produk CZR 002, ketik tanpa spasi dan angka nol diganti huruf O, sehingga menjadi CZROO2.
      16. Masukkan deskripsi produk. Deskripsi produk tinggal ambil (copy) deskripsi produk yang ada di bawah produk di onlinemarketindo. Kita dapat memodifikasi deskripsi produk agar produk lebih menarik pembeli.
      17. Masukkan berat produk. Berat produk 0-1.000 gram dihitung satu kg. Misalkan untuk tas kita masukkan 850 gram.
      18. Setelah semua informasi telah terisi. Klik Upload Produk Ini.
      19. Selamat produk pertama kita sudah masuk ke Tokopedia.
      20. Silahkan tambahkan produk lainnya juga.
    3. Menjual produk di Shopee
      1. Download aplikasi Shopee di Google Play atau di App Store (Apple/Iphone)
      2. Setelah aplikasi berhasil didownload dan diinstall di hp, buka aplikasi Shopee
      3. Klik menu Saya
      4. Klik Register
      5. Register bisa melalui nomor hp atau dengan alamat email. Silahkan pilih salah satu. Ikuti semua instruksi dari Shopee.
      6. Setelah berhasil mendaftar klik menu Login dari aplikasi Shopee.
      7. Isi semua informasi yang diperlukan.
      8. Terutama informasi rekening bank, alamat toko, alamat pengiriman dan jasa pengiriman harus diisi. Ini ada kaitannya dengan ongkos kirim kita nanti. Masukkan informasi pengiriman sebagai berikut.
        • Alamat toko dan alamat pengiriman isi: Mekarwangi Square, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, Kode Pos 40236 (sumber barang onlinemarketindo.com). Nomor Tlp. isi dengan nomor telepon Anda.
        • Jasa kirim ikuti jasa kirim yang tersedia di onlinemarketindo.com (saat ini tersedia JNE YES, JNE Reguler, JNE Oke, Pos Express, Pos Kilat Khusus, dan JNT Express).
      9. Kita juga bisa mendaftar gratis ongkir di Shopee. Ikuti instruksi yang ada di Shopee. Kita akan diminta upload foto kita sedang memegang KTP.
      10. Setelah semua informasi toko kita isi, saatnya sekarang kita memasukkan produk yang akan kita jual ke Shopee.
      11. Pilih menu Saya. Dari menu Saya di Shopee ada dua pilihan tab, yaitu Beli dan Jual. Klik tab Jual.
      12. Klik Tambah Produk Baru. Nanti akan muncul tiga pilihan tambah produk baru, yaitu melalui kamera, foto, dan instagram. Pilih Foto.
      13. Upload foto-foto yang sudah kita download tadi.
      14. Masukkan nama produk.
      15. Masukkan deskripsi produk dan tag. Deskripsi produk tinggal ambil (copy) deskripsi produk yang ada di bawah produk di onlinemarketindo. Kita dapat memodifikasi deskripsi produk agar produk lebih menarik pembeli.
      16. Isi Tag misalnya #tassekolahanakperempuan #tassekolahanakcewek dan sebagainya.
      17. Pilih Kategori produk yang ada.
      18. Masukkan harga produk (misalnya harga di Online Marketindo Rp80.000,00 kita bisa menjualnya seharga Rp95.000,00 atau Rp100.000,00. Selisih harga adalah keuntungan kita).
      19. Masukkan jumlah stok (lihat stok produk di onlinemarketindo.com, di samping produk atau di bawah produk).
      20. Masukkan berat produk. Berat produk 0-1.000 gram dihitung satu kg. Misalkan untuk tas kita masukkan 850 gram.
      21. Atur Grosir bila kita ingin menjual produk lebih dari dua dengan harga lebih murah. Misalnya bila pembeli membeli produk 1 buah harganya Rp100.000,00 mungkin bila dia membeli 2 buah harganya Rp95.000,00 dan seterusnya. Menu grosir ini adalah opsional (boleh diisi boleh tidak).
      22. Masukkan SKU bila diminta. SKU adalah kode produk. Ikuti kode produk yang ada di onlinemarketindo (lihat kode produk di bawah produk atau di nama produk). Catatan: Misalkan tidak bisa memasukkan SKU/kode produk CZR 002, ketik tanpa spasi dan angka nol diganti huruf O, sehingga menjadi CZROO2.
      23. Klik tanda centang (V) di pojok kanan atas (bila menggunakan HP) atau klik Upload Produk/Simpan (bila menggunakan komputer).
      24. Selamat produk pertama kita sudah masuk ke Shopee.
      25. Silahkan tambah produk lainnya juga.
  3. Memproses pesanan
    1. Ketika ada yang memesan produk kita di Tokopedia/Shopee/Marketplace lainnya, kita akan menerima notifikasi Pesanan Baru.
    2. Sebelum kita klik Terima Pesanan, kita cek dahulu stok produk di onlinemarketindo.com
    3. Pada menu pencarian/search di onlinemarketindo.com ketik nama produk atau kode produk. Lebih mudah bila mencari produk dengan kode produk karena produk akan langsung ditemukan.
    4. Lihat stok produk (di bagian kanan produk bila menggunakan laptop atau di bawah deskripsi produk bila menggunakan HP). Pastikan stoknya minimal 2. Kalau stok tinggal 1 berisiko barang sebenarnya sudah habis tetapi stok produk belum diperbarui. Stok produk akan diperbarui sekali sehari.
      1. Memproses pesanan di Tokopedia
        • Klik Pesanan Baru yang masuk.
        • Setelah kita cek stoknya di onlinemarketindo.com tersedia (2 atau lebih), klik Terima Pesanan.
        • Selanjutnya kita akan memesan produk di onlinemarketindo.com dan memintanya mengirim produk ke pembeli atas nama kita.
        • Cari produk yang akan kita pesan melalui menu search di onlinemarketindo.com, masukkan nama produk/kode produk.
        • Klik Beli Sekarang.
        • Klik Lanjut ke Troli. Catatan: Bila produk belum muncul di Troli, klik Perbaharui.
        • Masukkan kuantitas/jumlah produk yang akan kita pesan.
        • Klik Checkout.
        • Centang Kirim Sebagai Dropshipper. Masukkan nama Toko kita dan Nomor HP kita.
        • Centang Kirim ke Alamat Lainnya. Masukkan data pembeli dan alamatnya beserta nomor HP pembeli. Produk akan dikirim ke pembeli atas nama Toko Kita.
        • Tambahkan catatan (opsional).
        • Pilih metode pembayaran, misal Transfer Bank.
        • Centang pilihan “Saya bersedia melakukan pemesanan dan saya menyetujui Syarat dan ketentuan yang berlaku.”
        • Klik Konfirmasi Pesanan.
        • Selanjutnya lakukan pembayaran ke onlinemarketindo, misalnya dengan Transfer Bank.
        • Lakukan konfirmasi pembayaran. Klik menu Konfirmasi Pembayaran di onlinemarketindo.com. Isi data yang diminta.
        • Pesanan kita akan diproses oleh onlinemarketindo, dikirim ke pembeli atas nama toko kita.
      2. Memproses pesanan di Shopee
        • Klik Pesanan Baru yang masuk.
        • Perhatikan jasa pengiriman yang dipilih oleh pembeli. Apakah JNE, Pos Express, atau JNT Express. Catatan: Ada perlakuan khusus bila pembeli memilih jasa pengiriman JNT Express. Pada bagian pesanan baru klik cetak/print Label Pengiriman. Simpan label pengiriman itu, melalui download atau screenshot gambar.
        • Setelah kita cek stoknya di onlinemarketindo.com tersedia (2 atau lebih), klik Terima Pesanan.
        • Selanjutnya kita akan memesan produk di onlinemarketindo.com dan memintanya mengirim produk ke pembeli atas nama kita.
        • Cari produk yang akan kita pesan melalui menu search di onlinemarketindo.com, masukkan nama produk/kode produk.
        • Klik Beli Sekarang.
        • Klik Lanjut ke Troli. Catatan: Bila produk belum muncul di Troli, klik Perbaharui.
        • Masukkan kuantitas/jumlah produk yang akan kita pesan.
        • Klik Checkout.
        • Centang Kirim Sebagai Dropshipper. Masukkan nama Toko kita dan Nomor HP kita..
        • Centang Kirim ke Alamat Lainnya. Masukkan data pembeli dan alamatnya beserta nomor HP pembeli. Produk akan dikirim ke pembeli atas nama Toko Kita.
        • Tambahkan catatan (opsional).
        • Pilih metode pembayaran, misal Transfer Bank.
        • Centang pilihan “Saya bersedia melakukan pemesanan dan saya menyetujui Syarat dan ketentuan yang berlaku.”
        • Klik Konfirmasi Pesanan.
        • Selanjutnya lakukan pembayaran ke onlinemarketindo, misalnya dengan Transfer Bank.
        • Lakukan konfirmasi pembayaran. Klik menu Konfirmasi Pembayaran di onlinemarketindo.com. Isi data yang diminta.
        • Pesanan kita akan diproses oleh onlinemarketindo, dikirim ke pembeli atas nama toko kita.
    5. Mengirimkan Barang
      1. Bila pembeli memilih jasa pengiriman JNT Express, kita kirim foto label pengiriman yang sudah kita download atau screenshot ke onlinemarketindo. Foto bisa dikirim melalui Whatsapp, BBM, atau alamat email yang ada di onlinemarketindo.com. Pesanan kita akan diproses otomatis oleh JNT Express. Kita tidak perlu lagi memasukkan nomor resi pengiriman ke Tokopedia/Shopee.
      2. Bila pembeli memilih jasa pengiriman JNE, Pos Express, atau lainnya, kita tinggal menunggu nomor resi dari onlinemarketindo disampaikan kepada kita. Dari Login Area onlinemarketindo pada bagian Dasboard pilih pesanan yang akan kita lihat nomor resinya, klik Lihat Detail. Bila sudah ada nomor resinya, copy nomor resi tersebut.
      3. Masuk ke Pesanan kita dita Tokopedia/Shopee, pilih Konfirmasi Pengiriman, paste nomor resi tadi, klik Simpan. Pesanan otomatis akan dilacak oleh Tokopedia/Shopee. Bila pesanan telah sampai ke pelanggan, dana hasil penjualan produk (termasuk ongkos kirim) akan ditambahkan ke deposit kita di Tokopedia/Shopee.
  4. Menarik dana hasil penjualan
    1. Klik bagian deposit di Tokopedia/Shopee
    2. Pilih menu lakukan penarikan
    3. Masukkan jumlah yang akan ditarik
    4. Pilih nomor rekening kita (rekening bank yang sudah kita daftarkan sebelumnya) sebagai tujuan penarikan
    5. Klik proses penarikan
    6. Dana akan segera ditransfer ke rekening bank kita. Silahkan menunggu.

Demikian tulisan tentang cara menjual produk di Tokopedia, Shopee, dan marketplace lainnya tanpa memiliki stok produk. Terima kasih telah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa share ke teman-teman Anda agar mendapat manfaatnya juga.

Silahkan lihat-lihat produk yang ada di Onlinemarketindo melalui menu Produk atau Brand/Merk di atas. Ada ribuan produk menarik dengan harga yang menarik juga.

Lihat Toko di Marketplace dengan produk dari onlinemarketindo.com ini:

Toko Online Marketindo di Tokopedia Lihat di Sini Toko 1 (Tas), Toko 2 (Fashion), Toko 3 (Buku)

Toko Online Marketindo di Shopee Lihat di Sini

Toko Online Marketindo di Bukalapak Lihat di Sini

Toko Online Marketindo di Lazada Lihat di Sini

Terima kasih

Salam

Putu Hatesa

(Website: putuhatesa.com, onlinemarketindo.com, ombukupedia.com, duniaperaturan.com, dan kmhdundip.org)

BUKU REKOMENDASI UNTUK BELAJAR BISNIS:

– 30 Hari Jago Jualan

– Dongkrak Omzet Milyaran

– Jago Jualan

– Emak-Emak Jago Jualan

– From Reseller to Business Owner

– Catatan Bisnis yang Laris Manis

– Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online

– Mudahnya Bikin Laporan Bisnis Online

– Gara-Gara Facebook

– Easy Copywriting (Cara Membuat Deskripsi yang Menjual)

Kembali ke Titik Nol

PREORDER : Buku Catatan Bisnis yang Bikin Laris (Ingin Usahamu Laris Manis? Wajib Baca Buku ini!)

PELUANG USAHA 1 : Dapatkan Tambahan Penghasilan dengan Menjual Produk Fashion, Perlengkapan Anak, Perlengkapan Rumah Tangga, dll dengan kualitas tinggi tanpa harus memiliki stok barang

PELUANG USAHA 2 : Dapatkan Tambahan Penghasilan dengan Menjadi Reseller Buku-Buku Bisnis Best Seller


Cara Cepat Hamil


Ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu? Gratis ebook dan audio materi pembelajaran. Lihat di sini!

Cara Membuat Website untuk Pemula, inilah Caranya!

Ingin mendapatkan penghasilan dari mengisi survei? Lihat selengkapnya di sini!

Bagaimana Cara Belajar Sendiri Mengetik 10 Jari? Ini Dia Caranya!

Mau Jual Produk Online tapi Tidak Punya Stok Barang? Ini Dia Caranya!

Ingin Tahu Cara Anak Online Dapat Tambahan Penghasilan? Ini Dia Caranya!

Apa itu Clickbank? Bagaimana saya bisa menghasilkan uang dari Clickbank?

Ingin mendapatkan penghasilan secara online? Inilah salah satu sumber penghasilan yang sangat populer, yaitu melalui Clickbank. Pelajari di sini!

DVD Cara Mudah Import dan Jual Produk dari China. Lihat di sini!

Bagaimana cara membeli saham google, microsoft, facebook, amazon, apple, dan saham luar negeri lainnya? Begini caranya!

 
Chat via Whatsapp